STRATEGI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN DINIYYAH PASIA KABUPATEN AGAM
Abstract
Strategi pembinaan karakter merupakan persoalan yang sangat urgen di dalam dunia pendidikan dikarenakan itu merupakan suatu cara untuk mencapai tujuan utamanya. Makanya diperlukan kerjasama orang tua, sekolah dan masyarakat, yang tentu mempunnyai peran yang berbeda, Oleh karena itu lembaga pendidikan Islam harus mempunyai strategi yang sangat baik dalam membina, membentuk, mengembangkan kemampuan, membentuk watak serta mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia sesuai dengan visi, misi Rasulullah SAW, sehingga menjadi Insan kamil. realisasi dilapangan tentu antara lembaga pendidikan lainnya mempunnyai strategi tersendiri dalam pembinaan karakter para peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan strategi kerjasama guru dan orang tua dalam pembinaan karakter pada pondok pesantren Diniyyah Pasia Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, Adapun sumber data penelitian kepala madrasah, guru dan santri serta orang tua. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerjasama guru dan orang tua dalam pembinaan karakter peserta didik pada Diniyyah Pasia lebih dominan diperankan oleh guru-guru dengan berbagai strategi yang dilakukan dan sementara peran orang tua lebih kepada aspek materi sehingga tidak terjadi kerjasama yang baik dalam pembentukan karakter.bila bersinergi orang tua dan guru berjalan optimal maka strategi ini efektif dalam pembinaan karakter peserta didik.