Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah (Tandamata) Pada Bank BJB Cabang Rangkasbitung

Abstract

Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah (tandamata) pada Bank bjb Cabang Rangkasbitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya besar pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah (tandamata) pada Bank bjb Cabang Rangkasbitung. Sedangkan waktu penelitian dimulai dari Maret sampai dengan Juni 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik analisa data menggunakan menggunakan statistik inferensial. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah (tandamata) pada Bank bjb Cabang Rangkasbitung sebesar 74,2% dan sisanya sebesar 25,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pada uji statistik yang telah dilakukan, terbukti thitungā‰„ ttabel, dapat dinyatakan bahwa hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah (tandamata) pada Bank bjb Cabang Rangkasbitung, sedangkan saran penelitian antara lain Bank bjb Cabang Rangkasbitung melakukan perbaikan dari sisi kualitas pelayanan seperti menambah petugas di bagian pelayanan, agar nasabah tandamata ketika melakukan transaksi tidak menunggu terlalu lama serta pelayanan yang cepat dapat diterima oleh semua nasabah, dan Bank bjb Cabang Rangkasbitung agar memperbaiki sistem pelayanan serta terus melakukan inovasi-inovasi terhadap produk tandamata agar nasabah tidak beralih ke produk/jasa bank lain Kata kunci : kualitas layanan, loyalitas nasabah (tandamata)