PENGARUH KEPUASAN NASABAH, KUALITAS LAYANAN, REPUTASI DAN RELIGIUSITAS DI BNI SYARIAH CILEGON
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepuasan nasabah, kualitas layanan, reputasi dan religiusitas di BNI Syariah Cilegon Banten. Loyalitas Nasabah merupakan aspek penting yang harus diperhatikan, karena menyangkut kelangsungan hidup maupun kegiatan usaha. Pelanggan yang setia umumnya mereka yang puas dengan produk dan pelayanan tertentu, sehingga mempunyai antusiasme untuk memperkenalkan produk dan pelayanan tersebut kepada siapapun yang mereka kenal dengan sukarela. Kehadiran BNI Syariah di Cilegon memberikan kontribusi bagi masyarakat Cilegon tidak hanya karena basis masyarakatnya dengan religiusitas sangat kuat, tetapi karena kehadiran bank syariah sangat penting dan dibutuhkan bagi kehidupan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan lapangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik dengan rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda, uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas, uji normalitas, uji koefisien korelasi, uji F dan uji hipotesis paired sample t-test. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat indikator pada penelitian ini yang bersifat valid dan reliabel. Pada uji normalitas kolmogorov smirnov nilai residual berdistribusi normal. Pada uji hipotesis paired sample t-test variabel kepuasan nasabah, kualitas layanan, reputasi dan religiusitas terhadap loyalitas nasabah BNI Syariah KCP Cilegon penulis menyimpulkan bahwa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan. Dan berdasarkan uji Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,655; artinya bahwa kontribusi variabel independen (X) mempengaruhi variabel dependen (Y) sebesar 65,5% sedangkan sisanya sebesar 34,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Jika dilihat berdasarkan uji regresi berganda variabel yang paling dominan mempengaruhi tingkat loyalitas nasabah BNI Syariah KCP Cilegon adalah variabel reputasi yakni sebesar 77,4% yang artinya BNI Syariah KCP Cilegon harus menjaga dan meningkatkan reputasi perbankan pada nasabahnya.