EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QIRĀʾAH JAHRIYYAH DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀʾAH BAHASA ARAB TERHADAP SISWA KELAS III MI YKUI MASKUMAMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode qirāʾah jahriyyah dalam meningkatan mahārah qirāʾah bahasa Arab pada siswa kelas III MI YKUI MASKUMAMBANG Gresik. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan design pre-experimental one-group pre-test dan post-test yang mana peneliti menguji coba efektivitas metode qirāʾah jahriyyah dengan membandingkan mahārah qirāʾah sebelum dan sesudah diberi tindakan atau pengajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI YKUI MASKUMAMBANG Gresik, sampel penelitian berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes membaca dengan jumlah 12 kalimat pendek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji berpasangan (paired sample t test) dengan hipotesis H0 = Tidak terjadi peningkatan dari hasil pretest ke posttest setelah diberi tindakan atau pengajaran, dan H1 = terjadi peningkatan dari hasil pre-test ke post-test setelah diberi tindakan atau pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberi pengajaran dengan menggunakan metode qirāʾah jahriyyah, nilai pos-test siswa lebih besar dibandingkan pre-test dengan rata-rata post-test (90.00) > pre-test (79,81), melalui perhitungan statistik diketahui bahwa T.Hitung 10.394 > T.Tabel 1.706 yang berarti H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa metode qirāʾah jahriyyah efektif untuk meningkatkan mahārah qirāʾah bahasa Arab berdasarkan hasil yang disimpulkan bahwa metode qirāʾah jahriyyah efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab kelas III MI YKUI MASKUMAMBANG Gresik.