Moderasi Beragama di Lingkungan Pesantren: Pengalaman Pesantren di Bandung Barat, Jawa Barat

Abstract

Salah satu isu yang menarik perhatian para cendekiawan Muslim adalah pengarusutamaan moderasi beragama adalah pesantren. Pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua dan asli di Indonesia, tidak terlepas dari persoalan tersebut. Kajian ini mengkaji tentang perkembangan moderasi sebagai ide dasar pesantren. Tulisan ini dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, memperkenalkan artikulasi moderasi di pesantren dari berbagai perspektif. Kedua, membahas gagasan Arkoun dan gagasan al Jabiri serta kaitannya dengan moderasi dan pesantren. Ketiga, mengelaborasi moderasi pesantren dari kurikulum dan kegiatan ekstrakurikulernya. Tulisan ini membahas bagaimana moderasi Islam telah dibentuk dan disebarluaskan melalui proses pembelajaran di pesantren?. Selanjutnya, penelitian ini dilakukan di lima pesantren di Bandung Barat, Jawa Barat dengan mempertimbangkan tipologi dan pengelolaannya. Dengan menggunakan metode wawancara, studi pustaka dan observasi mendalam, penelitian ini telah menghasilkan data yang berkaitan dengan tema penelitian. Kemudian, hasil penelitian untuk menggali kompleksitas dan kontinuitas moderasi Islam di pesantren dan membuktikan bahwa pengarusutamaan moderasi di akar rumput tidak statis tetapi dinamis serta cair dan multi-dimensi melalui proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan pesantren