Pengalaman Keagamaan Masyarakat Industri: Studi pada Karyawan PT Indorama Synthetics Tbk Purwakarta
Abstract
Problematika serta realita heterogenitas dan kompleksitas latar belakang sosial, budaya dan agama para karyawan PT Indorama Synthetics Tbk Purwakarta, menjadi latar belakang dilakukannya studi tentang pengalaman keagamaan masyarakat industri. Tujuan utama dari studi ini ialah untuk mengungkpa dan menggmbarkan pengalaman keagamaan masyarakat industri dalam tiga wujud, yaitu: (1) Pemikiran; (2) Perbuatan; (3) Persekutuan. Studi ini belandaskan pada teori tentang pengalaman keagamaan yang dikemukakan oleh Joachim Wach. Studi ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus, dan teknik pengumpulan datanya berupa obseverasi dan wawancara. Berdasrkan analisis data hasil observasi dan wawacara, ditemukan tiga temuan strategis dalam studi ini, yaitu: Pertama, pengalaman keagamaan masyarakat industri dalam wujud pemikiran ialah bersifat normatif; Kedua, pengalaman keagamaan masyarakat industri dalam wujud perbuatan ialah bersifat partisipatif; Ketiga, pengalaman keagamaan masyarakat industri dalam wujud persekutan ialah bersifat inklusif. Hasil studi ini diharapkan dapat berkontribusi bagi pengembangan kajian religious.