PEMODELAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN MT HARYONO DI KOTA SAMARINDA

Abstract

Jalan MT. Haryono Kota Samarinda memiliki kondisi geometrik yang rawan terhadap kecelakaan lalu-lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat model kecelakaan pada ruas jalan MT. Haryono Samarinda berdasarkan persepsi dari pengguna jalan (pengemudi). Data yang dikumpulkan adalah berupa data sekunder dan data primer kuisioner kepada sebanyak 52 responden pengguna jalan. Ada 5 faktor yang berpengaruh (variabel bebas) yang ditanyakan dalam penelitian ini yaitu faktor manusia/pengendara, faktor kendaraan, faktor kondisi jalan, faktor lingkungan dan faktor geometrik jalan. Analisis pemodelan menggunakan metode statistik regresi linear berganda. Hasil pemodelan adalah Y = 0,383 + 0,341X1 - 0,021X2 + 0,187X3 + 0,091X4 + 0,313X5. Model ini menunjukkan bahwa variabel faktor manusia, faktor kendaraan, faktor kondisi jalan, faktor lingkungan, dan faktor geometrik memberikan pengaruh terhadap potensi kecelakaan sebesar 72,1%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 37,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak termasuk dalam peneltian ini.