PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE, DAN FITUR LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E – COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PENGGUNA SHOPPE DI KAB.TANGERANG)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh social media marketing, brand image, dan fitur layanan terhadap keputusan pembelian pada e – commerce shopee pada pengguna shoppe di kab.tangerang. Serta mengetahui variabel mana yang paling dominan terhadap keputusan pembelian.Variabel independen dalam penelitian ini adalah Social Media Marketing, Brand Image, Fitur Layanan. Sedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian. Metode analisis pada penelitian ini data primer kualitatif. Tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas, uji regresi linier berganda, uji parsial (Uji T), uji simultan (Uji F) serta, uji koefesien determinasi (R2).menggunakan instrument kuisioner dengan menggunakan 100 responden. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian dari model regresi linier berganda menunjukan dimana yang paling berpengaruh Fitur layanan dan Social Media Marketing selanjutnya, diikuti oleh Brand image. Dari hasil uji T untuk pengaruh Sosial media, Brand emage dan fitur layanan berpengaruh karena T hitung > T tabel 1,985.Dari hasil uji F Sosial media, Brand emage dan fitur layanan berpengaruh karena F hitung > F tabel 3,089. Sedangkan, melalui pengujian koefesien determinasi diperoleh nilai nilai R square 0,694 mengandung arti bahwa variabel social media marketing, brand image dan fitur layanan memiliki pengaruh secara bersama-sama / simultan terhadap Y sebesar 69,4% sementara sisanya 0,306 atau 30,6% berupa faktor variabel lain yang tidak masuk kedalam penelitian.