STRATEGI MENGELOLA KONFLIK SISWA OLEH GURU BK SEBAGAI UPAYA MENGELOLA MANAJEMEN KONFLIK DI MTsS YPK CIJULANG
Abstract
Konflik merupakan hal yang sering terjadi di lingkungan social sehari-hari, tak terkecuali di lingkungan sekolah. Konflik di lingkungan sekolah memang tak bisa dihidari, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan antar individu maupun kelompok sosial yang berada didalamnya. Disinilah pentingnya upaya guru BK dalam mengatasi konflik yang terjadi agar dapat terselesaikan dengan baik. Untuk meminimalkan terjadinya konflik maka perlu adanya manajemen konflik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan penelitian dengan melakukan kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi di MTsS YPK Cijulang untuk menggambarkan strategi mengatasi konflik siswa oleh guru BK sebagai upaya mengelola manajemen konflik di MTsS YPK Cijulang. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk konflik siswa yang terjadi di MTsS YPK Cijulang mencakup konflik siswa dari dalam diri perorangan, konflik siswa antar perorangan-perorangan dalam lingkungan sekolah, dan konflik siswa antar perorangan dengan kelompok dalam lingkungan sekolah. Sumber konflik siswa yang terjadi di MTsS YPK meliputi beberapa sumber, yaitu bersumber dari tidak pelanggaran peraturan dan tata tertib sekolah, bersumber dari salah pengertian karena kegagalan komunikasi dan kurangnya kerja sama antar siswa. Strategi konflik yang dilaksankan guru BK dalam mengelola manajemen konlik meliputi strategi kalah menang dengan metode paksaan dan tekanan serta strategi sama-sama merugi atau kalah-kalah dengan pendekatan abritasi dan mediasi.