INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN KOOFERATIF MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IX

Abstract

Interaksi sosial merupakan syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial begitupun dalam diri individu seorang siswa, komunikasi dengan baik merupakan proses interaksi yang dpat dilakukan. Melalui pembelajaran kooferatif pada pelajaran bahasa inggris diharapkan setiap individu dapat melakukan interaksi secara baik dan bekerja sama tanpa adanya pengelompokan secara individu yang dilakukan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dinamika interaksi yang terjadi pada siswa dalam melakukan pembelajaran kooferatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu masih kurangnya interaksi berupa komunikasi dan diskusi yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan tugas, selain itu kurangnya rasa tanggung jawab dari beberapa siswa sehingga kurangnya kontribusi dalam pengerjaan tugas bersama, peran guru dalam proses pmbelajaran ini melakukan peneguran, pengertian, serta meberikan motivasi untuk mendorong para siswa menyelesaikan tugas pembelajaran dan dapat berinteraksi secara baik antar agggotanya