PERAN SOSIAL MEDIA ATAS PERILAKU KONSUMTIF BELANJA BAGI IBU RUMAH TANGGA DI DESA LEBAKSARI KEC.PARAKANSALAK

Abstract

Belanja , wanita mana yang tak menyukai jenis kegitan ini hampir atau bahkan semua wanita pasti menyukai kegiatan satu ini. Seiring berjalan nya waktu berbelanja kini tak mesti harus pergi kepasar , panas – panasan , berdesak – desakan dengan cara berdiam diri sekalipun sudah bisa melakukan kegiatan belanja . Ditambah dengan social media yang memudahkan para wanita khususnya ibu rumah tangga memiliki keinginan berbelanja yang semakin tinggi . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ibu rumah tangga yang berada di Desa Lebaksari Kec.Parakansalak ini menjadi perilaku konsumtif karena adanya social media . Dalam penelitian kualitatif – deskriptif ini melibatkan lima ibu rumah tangga. Hasil dari penelitian ini bahwa hanya satu dari lima  ibu rumah tangga yang melakukan kegiatan berbelanja yang betul –betul membeli apa yang mereka butuhkan sedangkan empat dari ibu rumah tangga tersebut mengakui mereka berlanja hanya karena semata – mata atas dasar keinginan dan akhirnya berperilaku konsumtif.