PENGARUH NET SALES DAN LIABILITY TERHADAP NET PROFIT (STUDI KASUS PADA PERSEROAN TERBATAS UNILEVER INDONESIA TERBUKA)
Abstract
Secara logika, kemampuan perusahaan mendapatkan laba bersih bisa dilihat dari berapa besarnya kegiatan operasional yang dilakukan. Pada penelitian ini akan memfokuskan bagaimana komponen penjualan bersih dan utang bisa mempengaruhi laba bersih yang diperoleh perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah laporan keuangan PT Unilever Indonesia Tbk. yang telah di publikasi pada website resmi perusahaan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan PT Unilever Indonesia Tbk periode 16 tahun kebelakang dari tahun 2006 sampai dengan 2021. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan menggunakan teknik dokumentasi. Hipotesis di uji dengan analisis regresi linier berganda dengan menentukan uji normalitas data dan uji t pada setiap komponen variabel dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics versi 24, sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa secara parsial penjualan bersih berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih dan utang perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas laba bersih. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penjualan bersih dan liabilitas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.