MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses yang melibatkan banyak komponen, baik kondisi siswa, guru ataupun sarana pembelajaran yang ada. Pada era pembelajaran sekarang ini, diharapkan terjadi kolaborasi yang sinergis antara faktor foktor tersebut yang didukung dengan IT yang semakin canggih untuk menuju tercapainya tujuan pembelajaran (Asih Budiati, 2020) Pembelajaran IPA yang didasarkan pada standar isi akan membentuk siswa yang memiliki bekal ilmu pengetahuan (have a body of knowledge), standar proses akan membentuk siswa yang memiliki keterampilan ilmiah (scientific skills), keterampilan berpikir (thinking skills) dan strategi berpikir (strategy of thinking); standar inkuiri ilmiah akan membentuk siswa yang mampu berpikir kritis dan akan membentuk skema kognitif,  sehingga anak memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan (Menurut Purwanti Widhy H, 2013) Proses pembelajaran mempunyai tiga faktor utama, yaitu guru, siswa, dan proses pembelajaran. Pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja belajar siswa, sehingga siswa berperan aktif dalam proses belajar. Pelaksanaan pembelajaran IPA ini memerlukan model pembelajan inovatif , langkah -langkah dan pendekatan scientific.