PENGARUH LOKASI, HARGA, FASILITAS, DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MBS DALAM MENYEWA KAMAR KOST
Abstract
Mahasiswa memerlukan tempat tinggal sementara yang digunakan selama mereka menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Salah satu tempat tinggal sementara adalah rumah kost. Mereka memiliki beberapa pertimbangan untuk memutuskan rumah kost yang akan ditinggali. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) Pengaruh lokasi terhadap keputusan menyewa kamar kost (2) Pengaruh harga terhadap keputusan menyewa kamar kost (3) Pengaruh fasilitas terhadap keputusan menyewa kamar kost (4) Pengaruh kenyamanan terhadap keputusan menyewa kamar kost (5) Pengaruh lokasi, harga, fasilitas, dan kenyamanan terhadap keputusan menyewa kamar kost. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan teknik probability sampling dan diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 26. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 301 responden. Responden adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara parsial (1) lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (2) harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (3) fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (4) kenyamanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (5) secara simultan variabel lokasi, harga, fasilitas, dan kenyamanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.