MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POLYA

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemecahan masalah siswa masih lemah dan kecerdasan logis siswa yang masih rendah, serta penggunaan metode saat belajar masih terbilang kurang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya, (2) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan pembelajaran polya, (3) mengetahui apakah terdapat peningkatan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasy Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap MTs Al Hikmah Bandar lampung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas VIII B dan VIII C. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya, terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan pembelajaran polya, dan terdapat peningkatan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya