PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TEKNIK 5W+1H DI SD 3 MUHAMMADIYAH LIMBOTO, GORONTALO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa melalui media gambar seri dengan teknik 5 W + 1 H di SD 3 Muhammadiyah, Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, terakhir tahap analisi dan refleksi. Dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 80% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan data pada siklus 1 tentang keterampilan berbicara siswa melalui media gambar dengan teknik 5 W + 1 dari jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada 4 aspek yaitu aspek kebahasaan yang mampu berjumlah 12 siswa atau 60% dan yang tidak mampu berjumlah 8 siswa atau 40% meningkat menjadi 17 siswa atau 85%, aspek pengungkapan yang mampu berjumlah 10 siswa atau 50% meningkat menjadi 18 siswa atau 90%, aspek penampilan/sikap yang mampu berjumlah 11 orang atau 55% meningkat menjadi 15 atau 75%, dan aspek penguasaan materi yang mampu berjumlah 10 orang atau 50% meningkat menjadi 85% atau 17 siswa dari jumlah siswa sebanyak 20 orang.