MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI UPT SPF SD INPRES MARISO 3 MAKASSAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan program penguatan pendidikan karakter di UPT SPF SD Inpres Mariso 3 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru, Pembina Ekstrakurikuler dan Siswa  UPT SPF SD Inpres Mariso 3 Kecamatan Mariso Kota Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter di UPT SPF SD Inpres Mariso 3 dilaksanakan melalui tiga kegiatan utama yaitu 1) terintegrasi dalam pembelajaran 2) terintegrasi dalam kegiatan ekstrakurikuler 3) terintegrasi pada kegiatan pembiasaan dan pembudayaan. Manajemen penguatan pendidikan karakter UPT SPF SD Inpres Mariso 3 Makasar. meliputi 1) perencanaan penguatan pendidikan karakter 2) pengorganisasian penguatan pendidikan karakter 3) pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dan 4) pengawasan penguatan pendidikan karakter..