PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENDUKUNG STUDENTS GEOMETRIC THINKING SKILLS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran interaktif berbantuan Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar dan untuk mengetahui respon siswa untuk mendukung students geometric thinking skills. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kramatwatu dengan uji coba skala terbatas sebanyak 5 siswa, sedangkan uji coba lapangan sebanyak 26 siswa. Berdasarkan hasil data penelitian diperoleh, dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif berbantuan Geogebra dengan tingkat kelayakan 95,83% dari ahli media dengan kategori “Sangat Layak”, tingkat kelayakan 86,54% dari ahli matematika dengan kategori “Sangat Layak” dan tingkat kelayakan 77,08% dari ahli pendidikan matematika dengan kategori “Layak”. Respon siswa pada uji skala terbatas sebesar 84% dengan kategori “Sangat Baik” dan pada uji lapangan sebesar 79% dengan kategori “Baik”.