ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KRITIS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Abstract

Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu skill yang harus dikembangkan pada abad 21. Keterampilan ini termuat dalam kompetensi dasar yang dilatihkan dalam pembelajaran.. Berpikir kritis dapat diuji dalam berbagai kegiatan di sekolah, salah satunya adalah melalui kegiatan penilaian akhir semester (PAS). PAS adalah salah satu bentuk evaluasi berisi soal-soal yang dilakukan oleh sekolah untuk mengetahui seberapa besar daya serap kompetensi dasar yang telah dibelajarkan selama satu semester atau 6 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat berpikir kritis pada soal-soal PASĀ  Matematika kelas VI Sekolah Dasar. Sumber data yang digunakan yaitu soal-soal PAS I tahun ajaran 2022/2023 di SDN Tunge 2 Kecamatan Wates kabupaten Kediri Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan kerangka analisis. Kerangka analisis berupa indikator berpikir kritis berdasarkan Watson Gletser dan Jacob. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat berpikir kritis soal-soal pas I Matematika tersebut berada pada kategori sedang dengan persentase 58%.