MERANCANG PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PERBANTUAN EDDPUZZLE DALAM OPTIMALISASI BERPIKIR KRITIS SISWA SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Discovery Learning perbantuan Aplikasi Edpuzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan peneliti adalah studi pustaka yang artinya peneliti melihat dan meriview artikel yang berkaitan dengan topik yang peneliti ambil. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah peneliti melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber seperti buku, artikel jurnal yang didalamnya berkaitan dengan topik yang diambil yaitu merancang model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Ed Puzzle dalam optimalisasi berpikir kritis siswa SD. Hasil penelitian, pada Model Discovery Learning siswa dapat menemukan sendiri konsep pembelajaran sehingga siswa dipaksa aktif dan guru berperan sebagai fasilitator saja. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam matematika akan berkembang setelah diberikan model pembelajaran DL ini. Simpulan, model pembelajaran menggunakan Discovery Learning dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran Discovery Learning sangat efektif untuk diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di kelas. Siswa menjadi lebih aktif menemukan konsep, sehingga dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.