PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS VI SD PADA MATERI MAGNET
Abstract
Hasil observasi awal menunjukkan bahwa keaktifan siswa kelas VI SDN Sumberagung 1 Kabupaten Kediri masih rendah dalam pembelajaran. Siswa terbiasa untuk mengerjakan tugas secara tulis. Mereka mencari jawaban dengan membaca rangkuman materi yang ada di buku teks yang dipinjamkan. Agar siswa aktif dalam pembelajaran maka diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dalam mengaktifkan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PjBL terhadap keaktifan siswa kelas VI SDN Sumberagung 1 Kecamatan Wates kabupaten Kediri Jawa Timur. Penelitian ini merupakan mini reseach yang menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa VI yaitu 28 siswa. Instrumen yamg digunakan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan skor rata-rata keaktifan siswa adalah 91,1 yang dapat dikategorikan sangat aktif setelah menggunakan model Project Based Learning.