PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA PIAUD STAI DARUL ULUM KANDANGAN DALAM KETERAMPILAN BERBICARA

Abstract

Penelitian yang berjudul “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbicara” Sebuah Penelitian Tindakan di Kelas Mahasiswa PIAUD STAI Darul Ulum Kandangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan adalah suatu penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara mahasiswa PIAUD STAI Darul Ulum di Kandangan. Penelitian ini dilakukan pada 20 mahasiswa yang dilakukan pada tahun ajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau Action Research dengan analisis data survei. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Hasil penelitian selama dua siklus memperlihatkan adanya peningkatan nilai rata-rata penguasaan kosakata bahasa Indonesia melalui keterampilan membaca. Hasil tes awal (pretes) menunjukkan nilai rata-rata 45, tes di akhir siklus pertama menunjukkan nilai ratarata 61, dan tes di akhir siklus kedua nilai rata-rata mahasiswa mencapai 80,6. Berdasarkan indikator keberhasilan, nilai tes rata-rata mahasiswa pada siklus kedua yang mencapai 80,6 menandakan bahwa penggunaan permainan kata sebagai teknik pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kosakata bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara mahasiswa.