PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan model pembelajaran Project Based Learning dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika peserta didik kelas VI semester ganjil SDN Plosokerep 2 Blitar tahun pelajaran  2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VI yang berjumlah 48, sedangkan sampel yang diambil 2 kelas yaitu kelas VI A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24, kelas VI B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika peserta didik penulis melakukan tes berupa esai sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai t hitung = 14,27. Dari  tabel distribusi t pada taraf signifikan 5% diketahui t = 2,00 artinya t > t, sehingga dapat disimpulkan “Ada Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta didik di Sekolah Dasar”.