IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DI SMK PASUNDAN CIJULANG

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat besar terhadap suksenya pembelajaran di sekolah. Kegiatan mengajar dan kegiatan mengelola kelas merupakan dua kegiatan pokok yang harus guru lakukan di dalam kelas. Pembelajaran efektif bertujuan agar siswa mengalami perubahan secara menyeluruh yang pembelajarannya berasal dari lingkungan belajar dan pengalaman siswa. Pembelajaran akan terlaksana dengan efektif dan lancar jika ditentukan oleh aturan dan prosedur yang jelas serta mengakomodasi kepentingan belajar. Tanpa adanya aturan dan prosedur maka awal proses pembelajaran akan sulit berjalan secara efektif. SMK Pasundan Cijulang memiliki sembilan kelas dengan tiga jurusan disetiap tingkatnya. Penilaian standar proses yang erat kaitanya dengan pembelajaran efektif memiliki nilai yang cukup tinggi dalam penilaian akreditasi SMK Pasundan Cijulang. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang bagaimana implementasi manajemen kelas dalam proses pembelajaran yang efektif di SMK Pasundan Cijulang. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan temuan penelitian kualifikasi akademik guru di SMK Pasundan Cijulang belum seluruhnya memenuhi standar kualifikasi. Manajemen kelas di SMK Pasundan Cijulang dilaksanakan cukup baik dengan menjalankan fungsi manajemen dari mulai perencanaan, pengorganiasian, pelaksanaan dan pengawasan. Pemenuhan indikator pembelajaran efektif juga dilaksanakan dengan cukup baik dan cermat. Pemenuhan indikator dimulai dari pengorganisasian materi yang baik, komunikasi yang efektif, penguasaan dan antusiasme terhadap materi pelajaran, sikap positif terhadap peserta didik, pemberian nilai yang adil, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, sampai hasil belajar peserta didik yang baik.