PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 PANGANDARAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengadaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan sarana pendidikan di SMA Negeri 1 Pangandaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, karena penelitian ini memberikan gambaran secara alami tentang permasalahan yang ada melalui analisis terhadap keadaan yang sebenarnya yaitu mengenai pengadaan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidkan di SMA Negeri 1 Pangandaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan model interaktif ini terdiri atas tiga hal utama, yaitu ; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian adalah (1) Proses pengadaan sarana dan prasarana yang dilakukan dengan berkonsultasi dengan tim pengembang sekolah, disesuaikan dengan alokasi dan program prioritas kegiatan sekolah (2) Sarana dan prasarana pendidikan yang ada di SMA Negeri 1 Pangandaran telah dimanfaatkan oleh seluruh warga sekolah. Pemanfaatan sarana dan prasarana seperti disesuaikan dengan materi dan metode yang akan digunakan oleh guru mata pelajaran. Guru tersebut mempunyai tanggung jawab penuh dalam pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan, dan (3) Pemeliharaan Sarana dan prasarana pendidikan yang ada di SMA Negeri 1 Pangandaran telah dilaksanakan secara optimal, hal ini dibuktikan dengan terlaksananya pemeliharaan yang ditinjau dari sifatnya seperti pengecekan, Pencegahan, dan perbaikan ringan dan berat dan Pemeliharaan yang ditinjau dari waktunya seperti pemeliharaan sehari-hari dan pemeliharaan yang dilakukan secara berkala.