PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA MENTAL SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTS RAUDHATUSSIBYAN KABUPATEN BANJAR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Mental Spiritual peserta didik di MTs Raudhatussibyan Kabupaten Banjar. Guru akidah akhlak sudah melakukan upaya dalam membina mental spiritual peserta didik. Namun ternyata masih terdapat peserta didik yang berperilaku tidak baik seperti kurang disiplin, tidak mentaati tata tertib sekolah, dan ribut saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi pokok permasalahan yang diangkat pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam membina mental spiritual peserta didik di MTs Raudhatussibyan Kabupaten Banjar, 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat Guru Akidah Akhlak dalam Membina Mental Spiritual Peserta Didik di MTs Raudhatussibyan Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Mental Spiritual Peserta Didik di MTs Raudhatussibyan Kabupaten Banjar. Adapun subjek dalam penelitian ini Guru Akidah Akhlak yang mengajar di MTs Raudhatussibyan Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu editing, klasifikasi data, dan interpretasi data. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peran guru akidah akhlak dalam membina mental spiritual peserta didik di MTs Raudhatussibyan Kabupaten Banjar adalah guru sebagai pendidik, guru sebagai model dan teladan, dan guru sebagai motivator. Adapun faktor-faktor pendukung dan penghambat peran guru antara lain: 1) faktor guru, 2) faktor siswa, dan 3) fasilitas.