Peran Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Meningkatakan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Serawai
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana peran Guru PAK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Serawai? 2) Apa faktor yang memengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Serawai? Peneliti menggunakan Bentuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif agar peneliti dapat mendeskripsikan secara menyeluruh dan mendalam mengenai fakta-fakta yang tampak berkaitan dengan “Peran guru Agama Katolik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Serawai”. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Guru Pendidikan Agama Katolik, delapan orang peserta didik dan kepala sekolah SMA Negeri 1 Serawai. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan upaya penarikan kesimpulan. Temuan utama dalam penelitian ini bahwa guru pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti telah melaksanakan perannya dengan memberi angka, memberi hadiah berupa pujian, menciptakan persaingan, menciptakan keterlibatan, memberi ulangan, menyampaikan hasil, memberi hukuman dan menumbuhkan hasrat dan minat. Temuan lain yaitu faktor yang memengaruhi motivasi belajar peserta didik adalah Kesehatan fisik, keinginan untuk maju, gangguan emosional, sikap guru dan sarana prasarana dan faktor yang paling dominal memengaruhi motivasi belajar peserta didik adalah sikap guru