Diseminasi Moderasi Beragama bagi Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di Kota Kediri

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan. Potensi keberagaman di Indonesia akan memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa, akan tetapi jika tidak dimaknai dengan baik dan benar, justru akan menimbulkan dampak negatif yang berakibat pada perpecahan. Kegiatan disemininasi moderasi beragama ini memiliki tujuan agar para Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di Kota Kediri memiliki konsep moderasi beragama yang benar. Pemahaman akan moderasi beragama yang benar akan membuahkan nilai-nilai toleransi sehingga terhindar dari sikap ekstrem, khususnya dalam penerapan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan diseminasi moderasi beragama ini menggandeng kerja sama dengan Kementerian Agama kota Kediri serta Paguyuban Guru Agama Katolik Kota Kediri. Narasumber berasal dari tiga Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti yang sudah pernah mengikuti diseminasi moderasi beragama baik di tingkat nasional maupun provinsi. Metode yang digunakan adalah model sosialisasi. Sosialisasi dalam hal ini lebih menekankan pemahaman konsep buku moderasi beragama yang diterbitkan oleh Kementerian Agama. Hasil dari kegiatan moderasi beragama ini membuahkan cara pandang beragama yang benar dengan mengedepankan sikap toleran. Melalui cara pandang moderasi beragama yang benar akan membuahkan situasi masyarakat yang rukun, damai serta bijak dalam menyikapi keberagaman di Indonesia. Dampak dari kegiatan ini, para guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di Kota Kediri mampu memahami konsep moderasi beragama yang telah diprogramkan oleh Kementerian Agama, sehingga mampu diterapkan di lingkungan sekolah, khususnya ditujukan kepada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa.