PENGARUH REGULASI EMOSI TERHADAP PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMK PANJATEK BEKASI

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran perilaku asertif siswa SMK Panjatek Bekasi, (2) untuk mengetahui gambaran regulasi emosi siswa SMK Panjatek Bekasi, dan (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh regulasi emosi terhadap perilaku asertif pada siswa SMK Panjatek Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian regresi linier sederhana yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dari variabel bebas dengan variabel terikat. Subjek penelitian berjumlah 232 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Peneliti menggunakan angket skala likert dalam pengumpulan data. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment Karl Pearson dengan bantuan SPSS versi 26. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) gambaran regulasi emosi siswa SMK Panjatek Bekasi berada pada kategori rendah, (2) gambaran perilaku asertif siswa SMK Panjatek Bekasi berada pada kategori cukup rendah, (3) hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara regulasi emosi terhadap perilaku asertif.