EFEKTIVITAS CINEMA THERAPY BERBASIS ANIMASI DALAM MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH KAMPUNG PISANG
Abstract
Empati adalah sebuah bentuk perhatian yang melibatkan hubungan emosi dalam memahami perasaan orang lain. Namun masih banyak remaja yang belum dapat mengeskplorasi empati mereka, sehingga perlu ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan empati adalah menggunakan teknik cinema therapy berbasis animasi. Cinema Therapy sebagai metode konseling yang menggunakan film untuk memberikan efek positif pada konseli. Animasi yang digunakan dalam treatment ini ialah yang mengandung nilai empati. Tujuan penelitian untuk menganalisis keefektifan peningkatan empati siswa SMP Muhammadiyah Kampung Pisang melalui cinema therapy berbasis animasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode pre-experimental design jenis one-group pretest-posttest untuk melihat pengaruh cinema therapy untuk meningkatkan empati. Penelitian ini melibatkan 8 siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah Kampung Pisang yang memiliki skor pre-test empati rendah. Data diperoleh melalui skala empati yang kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS versi 20 menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cinema therapy berbasis animasi efektif untuk meningkatkan empati siswa SMP Muhammadiyah Kampung Pisang.