Implementasi Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap pembelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Sowan Kidul tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis pre experimental design yang jenisnya one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 18 peserta didik kelas IV SDN 1 Sowan Kidul. Data tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan analisis linier regresi sederhana. Dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nyata tentang hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Dilihat dari nilai rata-rata pretest peserta didik sebesar 57,83 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 73,22. Kenaikan nilai pretest dan posttest sebesar 15,39. Hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay sangat efektif digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik. Kata Kunci: model pembelajaran course review horay, hasil belajar, IPA