EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM PENGUKURAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kesesuaian atau ketidaksesuaian informasi antara dokumen perencanaan dan dokumen pelaporan mengenai implementasi sistem pengukuran kinerja di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten. Selain itu juga untuk menjelaskan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesesuaian informasi dalam penerapan sistem pengukuran kinerja. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis dokumen SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) yang kemudian dikonfirmasi melalui wawancara mendalam dengan pihak-pihak yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pengukuran kinerjabelum menunjukkan adanya kesesuaian informasi antar dokumen SAKIP. Analisis empat kuadran menunjukkan sebagian besar indikator kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten masih berorientasi pada usaha. Penampilannya sebatas kegiatan berorientasi pelayanan dan belum terkait dengan masyarakat sebagai penerima pelayanan. Faktor pendukung penerapan sistem pengukuran kinerja di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten adalah Sumber Daya Manusia (SDM), pelatihan, akurasi data, komitmen pimpinan, dan penghargaan dan hukuman.