Pengaruh Komponen Biaya Terhadap Laba dengan Volume Penjualan sebagai Variabel Moderasi
Abstract
Penelitian bertujuan menguji pengaruh biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi terhadap laba perusahaan dengan menggunakan volume penjualan sebagai variabel memoderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan CV.Citra Sari Makassar. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah laporan bulanan yang berupa biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi, volume penjualan dan laba perusahaan tahun 2012-2014 yaitu berjumlah 36 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dan analisis regresi moderasi dengan pendekatan interaksi. Hasil dari pengujian hipotesis di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba perusahaan. Selain itu, juga didapatkan hasil penelitian bahwa volume penjualan merupakan variabel moderasi, yaitu volume penjualan memoderasi hubungan pengaruh antara biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi terhadap laba perusahaan.