Pengaruh Komponen Biaya Terhadap Laba dengan Volume Penjualan sebagai Variabel Moderasi

Abstract

Penelitian bertujuan menguji pengaruh biaya produksi, biaya  promosi, dan biaya distribusi terhadap laba perusahaan dengan menggunakan volume penjualan sebagai variabel memoderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan CV.Citra  Sari  Makassar. Adapun sampel dalam  penelitian ini adalah laporan bulanan yang berupa biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi, volume penjualan dan laba perusahaan tahun 2012-2014 yaitu berjumlah 36 sampel. Teknik analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis  regresi berganda dan analisis regresi moderasi dengan pendekatan interaksi. Hasil dari pengujian hipotesis di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba perusahaan. Selain itu, juga  didapatkan hasil penelitian bahwa volume penjualan merupakan variabel moderasi, yaitu volume penjualan memoderasi  hubungan pengaruh antara biaya produksi, biaya promosi, dan  biaya distribusi terhadap laba perusahaan.