Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Atas Penggunaan Laporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kondisi lingkungan, pengalaman masa lalu serta kebutuhan dan keinginan terhadap persepsi pelaku usaha kecil dan menengah atas penggunaan laporan keuangan yang ada di Pasar Butung Kota Makassar. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pelaku Usaha Kecil dan Menengah Pasar Butung Kota Makassar  yang bersedia menjadi responden. Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara melakukan penelitian langsung di lapangan dengan memberikan kuesioner/lembar pertanyaan kepada 84 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisisregresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara parsial, variabel kondisi lingkungan serta kebutuhan dan keinginan berpengaruh positif dans ignifikan terhadap persepsi atas penggunaan laporan keuangan, sedangkan pengalaman masa lalu tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap persepsi atas penggunan laporan keuangan. Secara simultan, variabel kondisi lingkungan, pengalaman masa lalu, serta kebutuhan dan keinginan secara bersamaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap persepsi atas penggunaan laporan keuangan.