Integrasi Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Dan Stres Kuliah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis integrasi perilaku belajar, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dalam membentuk pamahaman akuntansi dan stres kuliah mahasiswa akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian assosiasi, menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui hipotesis. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi tingkat akhir pada perguruan tinggi swasta. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Metode pengumpulan data berdasarkan survey dengan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial perilaku belajar berpengaruh tidak signifikan terhadap pemahaman akuntansi, sedangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara parsial perilaku belajar berpengaruh tidak signifikan terhadap stres kuliah, sedangkan kecerdasan emosional berpengaruh negatif signifikan terhadap stres kuliah dan kecerdasan spiritual berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap stres kuliah. Untuk pengujian secara simultan menunjukkan bahwa perilaku belajar, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntansi serta stres kuliah.