PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN, INSENTIF PAJAK, DAN SISTEM E-SAMSAT TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTORDI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh bukti empiris mengenaipengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Insentif Pajak, dan Sistem e-Samsatterhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor selama masa pandemi Covid-19. Lokasi penelitian yakni Kantor Pusat Pelayanan Pendapatan Daerah (P3D) (Samsat Cibinong). Metode yang dipilih yakni menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 400 responden.Metode penentuan sampel menggunakan accidental sampling, yaitu mengambil responden sebagai sampel secara kebetulan. Teknik pengambilan data yakni menggunakan kuesioner. Selanjutnya, Teknik analisis yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analsisis regresi berganda dan koefisisen determinasi. Berdasarkan hasil analisa data menunjukkan bahwa Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Insentif Pajak, dan Sistem e-Samsat secara simultan berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor selama masa pandemi Covid-19. Namun, secara parsial Insentif Pajak dan Sistem e-Samsat tidak berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di masa pandemi Covid-19.