PENGARUH KUALITAS JARINGAN, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SEGMEN MILENIAL DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kualitas jaringan, persepsi harga, promosi terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel mediasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitas jaringan, persepsi harga dan promosi sebagai variabel independen, keputusan pembelian sebagai variabel dependen, dan minat beli sebagai variabel mediasi (intervening). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang disebar kepada seluruh penggunakan kartu perdana internet di Kota Makassar. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 108 responden. Dengan pengolaan data primer menggunakan analisis jalur (path analysis) menggunakan bantuan software Statistical Packege For Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas jaringan, persepsi harga, dan promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli konsumen pengguna kartu perdana internet di Kota Makassar. Secara parsial kualitas jaringan, persepsi harga, promosi, dan minat beli berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Dan secara tidak langsung kualitas jaringan, persepsi harga, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.