ANALISA PENGARUH FASHION BATIK GONG-GONG DI KOTA BATAM TERHADAP E-WOM DENGAN MEDIASI CUSTOMER SATISFACTION

Abstract

Di antara kekayaan budaya Indonesia, Batik adalah karya seni budaya Nusantara yang dikagumi oleh dunia. Batik adalah bentuk seni kuno dari salah satu kriteria kualitas terbaik. Pengertian Batik berasal dari Bahasa Jawa Kuno yaitu “amba” yang mempunyai arti tulis dan “nitik” yang berarti dot. Perkembangan Batik di Kepri yang sangat baik tersebut, sempat mengalami penyusutan dikarenakan pariwisata Batam ditutup dua tahun belakangan akibat pandemi Covid-19 yang sedang mewabah hingga saat ini. Pandemi yang mewabah tidak menjadikan UMKM ataupun pengrajin Batam berdiam saja, melalui ini pengrajin berinisiatif untuk menetapkan penjualan berbasis online mengikuti perkembangan zamannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang meneliti tentang Analisa Trust, Perceived Usefulness, Service Quality, Experience, dan Social Media Use Terhadap Electronic Word of Mouth dimediasi oleh Customer Satisfaction pada Fashion Batik Gonggong di Kota Batam. Dalam scope dari penelitian ini, penulis mengartikannya sebagai penelitian dasar yang mempunyai tujuan sebagai menaikkan ilmu pengetahuan yang mempunyai dampak positif terhadap ilmu pengetahuan tentang kepercayaan, kegunaan yang dirasakan, kualitas layanan, pengalaman yang dirasakan, penggunaan media sosial, electronic word of mouth, kepuasan konsumen yang dapat diikuti menjadi penelitian kausal komparatif.