STRATEGI DIGITAL ENTREPRENEURSHIP PADA PERUSAHAAN BISNIS ONLINE DI JAWA TENGAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan strategi digital entrepreneurship yang dilakukan perusahaan bisnis online di Jawa Tengah dalam perspektif Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih dijumpainya perusahaan yang melakukan kegiatan bisnis secara digital, namun belum menerapkan prinsip-prinsip Islam sesuai yang telah dicontohkan Rasulullah SAW. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan menggunakan cara inventarisasi atau pengumpulan data, identifikasi, analisis, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital entrepreneurship yang diterapkan perusahaan bisnis online di Jawa Tengah dalam perspektif Islam didasarkan pada empat prinsip yaitu customer oriented, transparansi, persaingan sehat, dan fairness atau keadilan Pertama, prinsip customer oriented diterapkan dengan memberikan pelayanan sopan, lemah lembut, bersahabat dan siap memberikan solusi. Kedua, prinsip transparansi diterapkan dengan sikap terbuka, menyampaikan spesifikasi produk dengan sebenarnya. Ketiga, prinsip persaingan sehat diterapkan dengan pengiriman cepat, free konsultasi memberikan diskon, meningkatkan kualitas produk. Keempat, prinsip fairness atau keadilan diterapkan dengan memberikan reward dan perlakuan sama kepada konsumen.