PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENJUMLAH BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR LUAS DAERAH DI KELAS VII MTs.N 1 ENREKANG

Abstract

Peningkatan Kemampuan Peserta Didik dalam Menjumlah Angka Bagian dengan Memakai Alat lukisan Besar wilayah di MTs.N 1 Enrekang (dibimbing oleh Usman, dan Muhammad Ahsan). Tujuan riset ini merupakan buat mengenali cara penataran penjumlahan bilangan pecahan dan kemampuan peserta didik, serta pengaruhnya dalam menggunakan media gambar luas daerah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang melibatkan 1 kelas sebagai kelas experimen .dengan metode pengumpulan informasi di maanfaatkan merupakan pemantauan dan tes ( pretest dan post test) kemudian analisis data dengan cara analisis statistik deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS dan analisis statistik inferensial. Untuk menentukan adanya efektif kita menggunakan kriteria yaitu (1) terjadinya peningkatan hasil belajar minimal dalam kategori “sedang” (2) Tercapainya nilai KKM minimal 70, (3) aktivitas murid berada pada kategori “cukup”. Instrumen serta metode pengumpulan informasi yang dipakai dalam riset ialah (1) observasi,(2) tes belajar yang di peroleh dengan menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) hasil uji paired sample t- test buat informasi menunjukan pengaruh peningkatan peserta didik dalam menjumlah bilangan pecahan.(2) hasil uji paired sample tes men unjukan bahwa nilai signifikan pada penelitian ini sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan nilai t-hitung sebesar 9,622 > t-tabel. Hal ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar luas daerah secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan peserta didik kelas VII dalam menjumlahkan bilangan pecahand MTs.N 1 Enrekang.