ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA PESERTA DIDIK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman peserta didik tentang sistem pembelian linear dua variabel dan isinya. Peserta didik, guru, dan orang tua dapat mengambil manfaat dari temuan penelitian ini. Seorang guru matematika kelas VIII di SMP Negeri 8 Parepare, serta observasi, wawancara, dan dokumentasi, menjadi sampel penelitian kualitatif ini. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman peserta didik terhadap sistem pembelian linear dua variabel; Terdapat 9 peserta didik pada rentang 80-100, 6 peserta didik pada rentang 70-80, dan 5 peserta didik pada rentang kategori rendah, berkisar antara 70 menjadi 100 poin. 2) Gambaran Umum Pemahaman Peserta didik Materi Sistem Persamaan Linier Secara khusus pemahaman peserta didik terbatas pada penggunaan rumus persamaan tanpa memahami pola dan konsep persamaan. Akibatnya, peserta didik tidak mampu secara efektif menyelesaikan variabel soal berbasis naratif dan persamaan linier berbasis naratif dua.