MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model flipped classroom berbantuan google classroom terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Eksperimen Sungguhan (True experiment design) yang melibatkan dua kelompok yang diberikan perlakuan. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Patampanua. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi dan tes (pre-test dan post-test) untuk membedakan hasil belajar peserta didik. Untuk Analisis Datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengaruh penggunaan model flipped classroom berbantuan google classroom lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika SMP Negeri 2 Patampanua. Hasil tes belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran flipped classroom berbantuan google classroom memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan hasil tes belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan model Flipped Classroom berbantuan google classroom mempengaruhi hasil belajar peserta didik