ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Abstract

Penelitian ini berencana untuk memutuskan otonomi pembelajran dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas VIII. Adapun yang menjadi topik permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya kemandirian belajar pada pembelajaran matematika yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar pada pembelajaran matematika siswa dan bagaimana desain pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemandirian belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskripstif. Pengambilan data kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian belajar pada pembelajaran matematika siswa berada pada kategori rendah pada indikator menetapkan tujuan belajar, memandang kesulitan sebagai tantangan, mencari sumber yang relevan, menetapkan strategi belajar, dan mengevaluasi hasil belajar. Sedangkan untuk indikator inisiatif belajar, mendiagnosa kebutuhan belajar, dan kepercayaan diri termasuk pada kategori cukup tinggi. Namun, rata-rata secara keseluruhan kemandirian belajar pada pembelajaran matematika siswa berada pada kategori rendah. Desain pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk menumbuhkan kemandirian belajar pada pembelajaran matematika siswa yaitu menggunakan model kooperatif (kelompok) dan metode ceramah maupun diskusi..