Pengaruh Penanaman Tanggung Jawab Pendidikan Agama Kristen Keluarga Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Karakter Anak Remaja

Abstract

Kesadaran diri Orang tua, gereja dan anak remaja di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Purwokerto untuk menanamkan tanggung jawab Pendidikan Agama Kristen Keluarga dan pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya pembentukan karakter anak remaja masih lemah dan perlu ditingkatkan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka tujuan dari penelitian ini Pertama, untuk mengetahui pengaruh Penanaman tanggung jawab Pendidikan Agama Kristen Keluarga terhadap pembentukan karakter anak remaja, Kedua, untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap karakter anak remaja, Ketiga, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penanaman tanggung jawab Pendidikan Agama Kristen Keluarga dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap karakter anak remaja. Penelitian ini menggunakan Paradigma Positivis, rancangan Kuantitatif. Berdasarkan pengolahan data, maka diketahui hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, variabel X1 (Penanaman  tanggung jawab pendidikan agama Kristen keluarga ) berpengaruh sebesar 78,2 % terhadap variabel Y (Pembentukan karakter anak remaja di GKJ Purwokerto); Kedua, pengaruh variabel X2 (Pemanfaatan teknologi Informasi)  terhadap variabel Y (Pembentukan karakter anak remaja di GKJ Purwokerto) adalah sebesar  84,5 %; Ketiga, pengaruh variabel X1 (penanaman  tanggung jawab pendidikan agama Kristen keluarga) dan X2 (Pemanfaatan teknologi Informasi) yang dihadirkan secara bersamaan terhadap variabel Y (Pembentukan karakter anak remaja di GKJ Purwokerto) sebesar 66, 737  %.