Pengaruh Supervisi Akademik Dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervise akademik dan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru di SD IT Fadhilah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SD IT Fadhilah Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif yang berkarakter probablistik menggunakan analisis regresi berganda. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah Regresi linier berganda dengan serangkaian uji instrumen dan uji asumsi klasik. Teknik pengambilan sampel digunakan adakah Nonprobability Sampling, yang berjumlah 35 responden yang merupakan guru di SD IT Fadhilah Pekanbaru. Adapun hasil penelitian adalah dari penghitungan statistik yang peneliti lakukan di SD IT Fadhilah Pekanbaru terlihat bahwa nilai F hitung sebesar 37.419 pada tingkat signifkansi 0.000, artinya dapat dipastikan bahwa Fhitung lebih besar daripada F table (3.28). Hal ini menunjukkan bahwa variabel Supervisi Akademik (X1) dan Budaya Organisasi (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru (Y). Berdasarkan nilai koefisien determinasi menunjukkan nilai R2 sebesar 0,700. Hal ini berarti bahwa variabel Kinerja Guru dijelaskan oleh variabel Supervisi Akademik dan Budaya Organisasi Sekolah sebesar 70.0%, sedangkan sisanya sebesar 30% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.