Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 7 Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk  menguji  dan menganalisis seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation dalam Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Keanekaragaman Hayati Mata Pelajaran Biologi Bagi Peserta Didik Kelas X MIA 7 Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif yang berdasarkan prinsip metode PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif dan efektif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada  awal siklus belum kelihatan secara signifikan tetapi memasuki siklus ke  II siswa menjadi lebih aktif, termotivasi, lebih tertantang. sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu diawal siklus hasil evaluasi siswa diperoleh nilai ketidak tuntasan siswa mencapai 57.6% sedangkan diakhir siklus sudah mencapai 16.7%. keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat di peroleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatan secara signifikan terhadap afktivitas dan hasil belajar siswa  di kelas X MIA 7 MAN 2 Pekanbaru