Pelatihan Pendampingan Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Penilaian Berbasis Hots Bagi Guru MIPA MTSN 1 Kampar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melaksanakan pelatihan pengembangan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun instrumen penilaian berbasis HOTS bagi guru rumpun science (MIPA). Jenis Penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kampar di Jalan Transad No.7 Desa Lereng Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 selama tiga bulan mulai dari bulan Februari sampai April 2021. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, catatan lapangan dan soal. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Subjek penelitian ini adalah guru-guru rumpun Science (IPA dan Matematika) dengan jumlah 11 guru. Terdiri dari 5 guru Matematika dan 6 guru IPA. Tindakan penelitian dilakukan dengan prosedur berdasarkan prinsip Kemmis dan Taggart dalam Ulfatin yang mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection) atau evaluasi (Prof. Dr. Nurul Ulfatin, 2022). Teknik validasi dilakukan dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata keterampilan guru pada kegiatan pra-pelatihan pengembangan sebesar 61 poin yang tergolong predikat cukup baik, pada kegiatan siklus I terdapat peningkatan sebesar 11% dengan nilai rata-rata 72 poin masuk predikat baik. Dan pada siklus III terjadi peningkatan juga yakni sebesar 12% dengan nilai rata-rata 84 poin dengan rincian 3 guru berpredikat sangat baik, dan 8 guru memiliki predikat baik. Maka secara keseluruhan tindakan pelatihan pengembangan untuk meningkatkan keterampilan guru MIPA dalam menyusun istrumen penilaian berbasis HOTS telah memenuhi kriteria capaian indikator keberhasilan ≥ 80%.