Konstruksi Pendekatan Saintific Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Perpajakan Riau
Abstract
Konstruksi pada penelitian ini dalam rangka menggali kebermanfaatan penerapan pembelajaran system Saintific dalam pembelajaran PAI pada SMK Perpajakan Riau. Metode yang digunakan adalah ekprimen riseach dengan subyek penelitian Guru PAI berjumlah 1 orang. Dengan keimpulan penelitian yaitu: 1) pendekatan Saintific dalam pembelajaran PAI memberikan dampak yang signifikan dalam proses pembelajaran lalui lima unsur yakni: (1) mengamati, (2) Menanya, (3) eksprimen (4) Asosiasi dan (5) menalar. Hal tesebut digambarkan melalui temuan guru PAI mampu memberikan pembelajaran dengan menarik perhatian siswa, motivasi yang tinggi dari para siswa, mampu memberikan acuan serta pemetaan pembahasan PAI. 2) guru PAI mampu memunculkan pembelajaran yang kritis sebagai wujud saintificnya. Dari temuan penelitian terkonfirmasi melauli teori johnn dewey yang mengemukakan sebagai berikut: 1) mengemukakan persoalan msalah, 2) memperjelas persoalan masalah, 3) melihat kemungkinan jawaban peserta didik-peserta didik bersama pendidik mencari kemungkinan-kemungkinan yang akan dilaksanakan dalam pemecasahan persoalan, 4) mencobakan kemungkinan yang dianggap mennguntungkan, 5) penilaian. Dari beberpa tujuan tersebut dapat ditarik kesimpulan beberapa dimensi yang hendak ditingkatkan dan dituju oleh kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam, yaitu: a) Dimensi keimanan peserta didik terhadap ajaran agama Islam. b) Dimensi pemahaman atua penalaran (intelektual) serta keilmuan peserta didik terhadap ajaran agama Islam. c) Dimensi penghayatan atau pengalaman batin yang dirasakan peserta didik dalam menjalankan ajaran Islam