Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Tata Krama Peserta Didik SD Negeri 07 Pinang Sebatang Barat

Abstract

Seorang guru bukan hanya sebagai nara sumber dalam mengetahui dan menguasai materi pelajaran tetapi juga menjadi teladan bagi peserta didik. Menjadi seorang guru bukan hal yang mudah, selain dapat mengajar dan mendidik, juga menjadi teladan dalam tindakan dan perbuatan yang baik. Pentingnya Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen dapat meningkatkan nilai-nilai tata krama peserta didik. Guru PAK adalah pengajar, pendidik dan teladan, baik dalam tutur kata perbuatan iman maupun kasih. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana gambaran umum tentang keteladanan guru PAK. Kemudian menjelaskan bagaimana keteladanan guru PAK dalam meningkatkan nilai-nilai tata krama peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan penyusun artikel ini adalah penelitian kualitatif literatur (library reseach). Penulis mendeskripsikan setiap pandangan atau teori para ahli dan menyusunnya secara berurutan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah keteladanan memberikan contoh yang baik kepada peserta didik dan bertanggung jawab atas tugas yang telah diberikan kepadanya. Keberhasilan seorang guru PAK adalah dimulai dari dirinya terlebih dahulu. Hal itu dapat terjadi melalui bakat, pribadi, persiapan dan hubungannya yang benar dengan Tuhan. Guru PAK harus memiliki tingkah laku yang baik dan sopan dalam kehidupannya, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen akan meningkatkan tata karma peserta didik