PEMANFAATAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MIFTAHUL HUDA ISLAMIC BOARDING SCHOOL

Abstract

Faktor lingkungan akademis yang dalam keseharian di lingkungan pendidikan kerapkali dijumpai kata literasi, sebagaimana telah kita ketahui bahwa literasi menjadi jendela awal kita tahu banyak, melek akan dunia dan tentunya melek terhadap ilmu pengetahuan. Begitupun pelaksanaan program literasi di SMP Miftahul Huda Islamic Boarding School Cibungbulang sudah berjalan dari tahun ajaran baru 2018. Tahapan penerapan literasi di SMP Miftahul Huda Islamic Boarding School Cibungbulang dimulai dengan tahapan pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Penulis memilih SMP Miftahul Huda Islamic Boarding School Cibungbulang sebagai tempat penelitian berdasarkan latar belakang di atas. Penulis ingin mengetahui hasil dari sejauh mana pelaksanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan memanfaatkan literasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan literasi dapat meningkatkan mutu proses belajar megajar, khususnya pada pembelajaran PAI di kelas, yaitu terbukti dengan semakin aktifnya siswa di kelas, siswa mudah memahami materi dan mendapatkan nilai rata-rata yang maksimal.